Cara,Syarat dan Prosedur Membuka Rekening Bank BCA Terbaru

Daftar Rekening BCA - Dahulu, kita hanya tau bahwa Bank adalah tempat untuk menabung dan menyimpan uang tunai. Jadi, kita tidak perlu membawa banyak uang tunai ketika kita akan pergi kemana – mana melainkan cukup membawa Kartu ATM.

Bank sendiri mempunyai banyak jenisnya, seperti yang paling familiar di telinga kita yaitu Bank BCA, Bank BRI, Bank BNI, dan Bank juga Mandiri. Setiap masing – masing Bank mempunyai kelemahan dan kelebihan dan juga mempunyai fasilitas yang berbeda.
Cara,Syarat dan Prosedur Membuka Rekening Bank BCA Terbaru
Cara Membuat Rekening Bank BCA @bca
Sebagai contoh, Bank BCA yang sekarang telah memiliki 3 jenis paspor BCA atau kartu ATM yaitu Silver, Gold, dan Platinum. Dahulu hanya ada satu kartu ATM, tapi kini telah berkembang menjadi 3 kartu ATM.

O ya, untuk cara membuat atau membuka rekening Bank, ada beberapa syarat dan ketentuan yang berbeda pada setiap bank. Kali ini saya akan menjelaskan cara membuat atau membuka rekening salah satu Bank yang ada di Indonesia yaitu Bank BCA beserta persyaratannya.

Syarat Membuat Rekening Bank BCA Terbaru 

Syarat – syarat membuat rekening Bank BCA yang dulu dengan yang sekarang ternyata sudah berbeda. Kalau dulu cukup bawa KTP, uang minimal Rp.500.000,00 untuk setoran awal, dan uang biaya materai Rp6.000,00. Atau materai bisa membawa sendiri. Kemudian langsung datang ke kantor cabang Bank BCA terdekat. (Aturan kantor cabang satu dengan yang lain biasanya berbeda. Ada yang menerima KTP daerah manapun, ada juga yang menolak jika KTPnya dari daerah lain).

Sedangkan persyaratan untuk tahun ini, kita harus memiliki E-KTP. Hal ini dikarenakan KTP yang diterima hanya E-KTP atau KTP Elektronik. Jumlah setoran awal tetap sama, Rp.500.00,00. Serta Masih memakai materai.

Setelah syarat di atas terpenuhi, kemudian datang ke kantor cabang bank BCA terdekat, dan ambil nomor antrian untuk layanan CS (Customer Service) dan bukan yang teller. Kalau masih bingung, bisa tanya ke satpam. Pak satpam/bu satpam pasti mau membantu kita.

Kalau nomor antrean sudah dipanggil, kemudian oleh mbak CS dijelaskan tipe tabungan yang bisa Anda pilih. Biasanya yang banyak dipilih adalah tipe TAHAPAN. Berikut biaya administrasi tipe tahapan tersebut:

1. Setoran awal minimal Rp500.000,00.
2. Setoran menabung selanjutnya minimal Rp50.000,00.
3. Saldo minimum ditahan Rp10.000,00.
4. Biaya penggantian buka karena rusak Rp5.000,00.
5. Biaya cetak mutasi GTU Rp5.000,00.
6. Biaya penutupan rekening Rp5.000,00.

Untuk biaya administrasi tiap bulannya biasanya ditentukan layanan fasilitas paspor BCA (kartu ATM) yang kita pilih. Pilihannya ada tiga yaitu: silver, gold dan platinum. Berikut saya jelaskan jenis kartu beserta administrasi tiap bulannya.

Biaya administrasi tiap bulan dan biaya pembuatan kartu ATM BCA 

1. Silver, biaya administrasi tiap bulanannya Rp13.000,00 dan untuk pembuatan baru dikenakan biaya Rp10.000,00.
2. Gold, biaya administrasi tiap bulanannya Rp13.000,00 dan untuk pembuatan baru dikenakan biaya Rp15.000,00.
3. Platinum, biaya administrasi tiap bulanannya Rp20.000,00 dan untuk pembuatan baru dikenakan biaya Rp20.000,00.

Sedangkan fasilitas pada ketiga jenis Paspor BCA atau Kartu ATM BCA juga berbeda – beda. Perbedaannya adalah Paspor BCA Silver hanya bisa menarik uang di ATM sehari maksimal Rp5 juta, sedangkan transfernya maksimal Rp10 juta. Paspor BCA Gold mampu menarik uang di ATM sehari maksimal Rp10 juta, sedangkan transfernya Rp20-25 juta. Paspor BCA Platinum mampu menarik uang di ATM sehari Rp20 juta dan kalau transaksi transfer bisa lebih dari Rp25 juta.

Nah, itulah tiga jenis Paspor BCA atau Kartu ATM BCA. Jika kita mau membuat rekening BCA, kita bisa pilih jenis kartu BCA yang mana yang sesuai keperluan kita. Setelah memenuhi persyaratan diatas, kita bisa membuat rekening Bank BCA. Cara untuk membuat rekening BCA yaitu sebagai berikut. Check this out.

Cara Daftar Rekening BCA

1. Datang ke kantor cabang BCA terdekat dengan membawa persyaratannya.
2. Temui CS (customer service) di kantor tersebut.
3. Kemudian CS akan memberikan formulir yang harus kita isi.
4. Setelah mengisi formulir dengan lengkap, kita diminta tandatangan pada buku tabungan dan Paspor BCA atau Kartu ATM BCA baru kita.
5. Kemudian kita diminta untuk mengetik pin untuk Kartu ATM BCA kita.
6. Sampai disini, proses pembuatan telah selesai.
7. Selanjutnya kita diminta menuju Teller untuk menyerahkan setoran awal minimal Rp500.000,00.

Semua telah selesai dan kita bisa pulang dengan membawa buku tabungan serta Kartu ATM BCA. Untuk paspor BCA baru aktif sehari setelah Anda daftar rekening, biasanya diminta ganti pin dan untuk mencobanya silakan cek saldo di Mesin ATM BCA.